Informasi dan pembahasan santai

Blogger news

Selasa, 15 Oktober 2013

Pengenalan Dasar Mikrokontroler

Apa itu yang dimaksud dengan Mikrokontroler?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, mari kita berdiskusi tentang apa itu Mikrokontroler.

Mikrokontroler adalah suatu perangkat atau komponen berbentuk Integrated Circuit (IC) yang memiliki fitur-fitur layaknya sebuah komputer. Didalam sebuah chip mikrokontroler terdapat fungsi-fungsi seperti; CPU, Memori (RAM dan ROM), Input Output, dan semua fungsi tersebut dapat distel sesuai keinginan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Mikrokontroler/MCU ini adalah alat yang hampir serupa dengan sebuah komputer. Lalu apa bedanya?

Berbeda dengan komputer yang mempunyai fungsi kompleks, mikrokontroler berfungsi untuk melaksanakan kerja-kerja yang sederhana. Bandingkan dengan komputer yang bisa berfungsi sebagai pengolah data, penampil foto dan pemutar video, memainkan sebuah game komputer pun mampu, sedangkan mikrokontroler tidak bisa. Mikrokontroler hanya dipakai untuk tugas-tugas khusus seperti pengontrol (controller). Controller Air Conditioner, controller pintu tol otomatis, controller mesin-mesin industri, sebagai pengolah data alat elektronik-elektronik kecil, dan sejenisnya. Apa keuntungan memakai mikrokontroler?

Keuntungan memakai sebuah mikrokontroler adalah, yang pasti harganya lebih murah, lebih mudah pemakaiannya, lebih praktis instalasinya, lebih kecil bentuknya, pokoknya lebih lebih praktis. Mikrokontroler lebih unggul keefesiennya jika dipakai untuk pengontrolan suatu alat.

Secara singkat, mikrokontroler adalah sebuah IC yang didalamnya terdapat CPU, Memori, Input/Output yang dapat kita gunakan sebagai fungsi-fungsi khusus dan terfokus pada satu pekerjaan. Mikrokontroler dapat diprogram sesuai pengguna dengan cara memasukan suatu perintah berbasis bahasa komputer (C,Assembler, dll).

Ada banyak IC-IC mikrokontroler keluaran pabrik unggulan yang beredar dipasaran, diantaranya dari:
Intel (8031,89C51 dan lain-lain)
Zilog, (Z8,Z8F1680 dan keluarganya)
Motorola, (6HC11)
Philips Semiconductor, (LPC2000, LPC900, LPC200 dan saudara-saudaranya)
Atmel : Atmel AT91 series (ARM Thumb architecture), AT90, Tiny & Mega Series - AVR (Atmel Norway Design) Atmel AT89 Series.
Untuk pemula pemula seperti saya ini, direkomendasikan untuk menggunakan mikrokontroler AT89Series dengan alasan lebih mudah dalam pemrogramannya dan harganya yang murah serta tidak langka populasinya dipasar.


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Hak cipta dilindungi oleh yg maha kuasa. Diberdayakan oleh Blogger.
 
© Tentang Apapun
Di Desain Oleh Blogger dan Blogger, Re-edited by Rinal
Dilindungi Hak Cipta
Posts RSSComments RSS
Back to top