Informasi dan pembahasan santai

Blogger news

Selasa, 09 April 2013

Light Dependent Resistor (LDR) beserta Contoh Penerapannya


Light Dependent Resistor

Resistor adalah salah satu komponen yang sangat mendasar dari bagian elektronika. Akan tetapi banyak sekali jenis-jenis dari resistor itu sendiri.
Salah satunya adalah resistor yang nilai resistansi/tahanannya dapat berubah oleh sinar atau sebuah cahaya, Yaitu Light Dependent Resistor.


Light Dependent Resistor, atau yang biasa disebut LDR adalah suatu komponen elektronika yang termasuk dalam keluarga besar dari komponen Resistor.
Bedanya dengan resistor biasa, LDR ini dapat berubah resistansinya sesuai dengan cahaya yang menyinari badan LDR tersebut. Dengan alasan tersebut, LDR bisa juga disebut dengan Input Element, atau Sensor.

Keadaan ini juga yang dimanfaatkan oleh sejumlah alat elektronik dengan menjadikan sebuah
LDR menjadi sebuah Sensor. Contohnya, Lampu otomatis (lampu yang akan hidup bila keadaan sekitar kurang cahaya, dan akan mati bila keadaan sekitarnya terang), Pintu gerbang otomatis (pintu akan terbuka bila ada sesuatu yang ingin melewatinya, dan akan tertutup kembali dengan otomatis), dan masih
banyak lagi.

Sistem Kerja LDR

LDR akan berkurang nilai resistasinya apabila badan LDR terkena sinar, dan akan bertambah resistansinya bila badan LDR kurang terkena cahaya atau gelap.
Atau dengan kata lain, LDR akan menjadi resistor yang bertahanan tinggi apabila dalam keadaan gelap, dan akan menjadi resistor yang rendah tahanannya bila dalam keadaan terang.


Contoh Kasus.
Suatu kandang ayam memerlukan panas dari lampu pijar dengan panas yang pas. Lampu pijar akan menyala jika penerangan sekitar kandang kurang terkena cahaya matahari, dan lampu akan mati dengan sendirinya jika penerangan dari cahaya matahari tercukupi.


Penyelesaian
Dalam kasus ini, secara garis besar disimpulkan bahwa penerangan kandang ayam akan mati pada siang hari dan akan mati jika tidak ada sinar matahari.
Kita bisa menggunakan LDR sebagai sensor cahaya. Berikut adalah gambar rangkaiannya.



Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

  1. Terimakasih sudah menerangkan tentang apa itu LDR saya kira LDR itu long distance relationship hahaha

    BalasHapus
  2. Salah mas dalam ilmu elektronika ldr itu light dependent resistor

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Hak cipta dilindungi oleh yg maha kuasa. Diberdayakan oleh Blogger.
 
© Tentang Apapun
Di Desain Oleh Blogger dan Blogger, Re-edited by Rinal
Dilindungi Hak Cipta
Posts RSSComments RSS
Back to top